Jumat, 18 Oktober 2013

Resep Membuat Bakso Daging Sapi Kenyal

Jajananan yang sangat mudah untuk kita jumpai baik dijalan raya, maupun dipedalaman desa adalah bakso. Ya, bakso memang termasuk kedalam salah satu makanan dengan penggemar yang sangat banyak, sehingga kita tidak asing lagi jika melihat para penjual yang bejejeran dipinggir jalan.
Resep Membuat Bakso Daging Sapi
Resep Membuat Bakso Daging Sapi Kenyal
Tak hanya dipinggiran jalan besar, bakso sekarang ini juga sudah bisa anda nikmati didepan rumah, (jika ada tukang bakso lewat heheh). Namun karena banyaknya penggemar bakso inilah yang membuat beberapa oknum nakal membuat bakso dengan campuran zat-zat berbahaya.

Tak hanya zat yang bebahaya saja looo, banyak isu yang beredar bahwa bakso dijual dengan bahan dasar daging tikus,,, idihh ngeri dehh, mending gak makan bakso dong -_-…..

Oke untuk menghindari itu semua, sebenarnya anda dapat membuat bakso sendiri dirumah dengan mudah, selain lebih higenis tentunya bahan-bahan yang digunakan lebih sehat untuk dikonsumsi, berikut adalah resep membuat bakso sapi, semoga bermanfaat.


Bahan-bahan yang digunakan:
  • Daging sapi dengan kualitas baik sebanyak 250 gram, giling daging sampai daging halus
  • Tepung kanji dengan takaran 125 gram
  • Garam dapur sebanyak ½ sdm (sendok makan)
  • Bawang putih sebanyak 2 siung bawang, haluskan bahan ini
  • Bubuk merica sebanyak ¼ sdt (sendok teh)
  • Air bersih sebanyak 25 cc air untuk membuat adonan
  • Air secukupnya, berguna untuk proses merebus bakso sapi nantinya
CARA YANG HARUS DILAKUKAN UNTUK MEMBUAT BAKSO SAPI :
  1. Campur daging sapi yang sudah anda giling menggunakan tepung kanji, bawang putih yang sudah di haluskan, garam dapur, serta bubuk merica, uleni adonan perlahan dengan ditambahkan air bersih diatasnya sedikit demi sedikit, uleni terus sampai adonan tercampur rata serta licin.
  2. Masak air yang agar banyak sampai mendidih, setelah mendidih kecilkan api kompor, dengan indicator sampai air tidak meluap-luap lagi.
  3. Ambil sekitar satu kepal adonan, masukan kedalam tangan, tekan adonan bakso sampai keluar dari lingkaran ruas jari jempol serta telunjuk. Lepas dengan sendok adonannya. Setelah jadi bulat, rebus adonan yang jadi pentol kedalam air tadi.
  4. Rebus terus dengan menggunakan kompor ber-api kecil kurang lebih 10 menitan, atau sampai pentol mengapung, angkat bakso dan tiriskan (catatan, untuk menghindari bakso pecah saat direbus, usahakan air yang untuk merebus jangan sampai bergolek-golak yahh).
RESEP UNTUK MEMBUAT KUAH BAKSO DAGING SAPI
Bahan yang digunakan :
  • Kaldu dari tulang/daging ayam/sapi sebanyak 750 CC
  • Bubuk merica sebanyak ½ sdt (sendok teh)
  • Garam dapur dengan ukuran banyak 1 sendok teh
  • Daun bawang satu batang, iris daun bawang tipis-tipis
  • Daun seledri satu batang, iris tipis juga
CARA MEMBUAT BAKSO SAPI PLUS LENGKAP DENGAN KUAH :
  1. Rebuslah kaldu ayam yang sudah kita siapkan, sampai kaldu mendidih, lalu tambahkan bahan garam dapur dan bubuk merica, aduk sampai bahan tercampur rata.
  2. Masukkan pentol bakso yang sudah kita buat tadi, didihkan kembali kaldunya, kemudian angkat bakso dari panci,
  3. Masukan kedalam mangkok saji, berikan taburan seperti daun bawang dan seledri.
  4. Sajikan dengan pelengkapnya sesuai selera.
Tips Yang Harus Dilakukan Saat Membuat Bakso :
  1. Setelah anda membuat bulatan satu pentol bakso, masukkan pentol pada air panas yang sebelumnya telah didihkan (apinya tidak nyala), namun hanya panas saja. Setelah proses pembulatan selesai semua, barulah anda melakukan perebusan dengan api kompor kecil.
  2. Jika bakso tidak untuk sekali disantap, siram bakso menggunakan air yang dingin, tiriskan bakso, serta simpan pada tempat yang kering dan tertutup, jika waktunya lama, masukan dalam lemari pendingin yah.
Sekian semoga bermanfaat 

1 komentar:

  1. terima kasih atas inspirasinya! Betul sekali, makanan lezat serta sehat memang sangat penting, akan tetapi memasak dengan alat masak yang tepat juga sama pentingnya.


    Oxone

    BalasHapus